Gambaran Proses Kerja Staff Airlines atau Awak Darat Perusahaan Penerbangan

Gambaran Proses Kerja Staff Airlines atau Awak Darat Perusahaan Penerbangan .

 

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dengan memakai jasa transportasi udara atau pesawat terbang, tentu sudah sangat memahami bagaimana prosedur sebelum , ketika penerbangan maupun setelah penerbangan berlangsung.

Namun tak ada salahnya jika kita membaca artikel seputar hal- hal yang dilakukan oleh para petugas atau staff penerbangan ketika melayani penumpang saat sebelum dan setelah penerbangan.

Pada artikel ini akan dipaparkan Gambaran Proses Kerja Staff Airlines atau Awak Darat Perusahaan Penerbangan.

 

Staff Penerbangan atau Staff Airlines tersebut biasanya disebut juga dengan istilah Ground Handling, yaitu petugas yang menangani penumpang dan bagasi penumpang ketika berada di darat atau di bandar udara.

Demi mendukung kelancaran proses penerbangan, peran awak darat atau staff penerbangan dalam mempersiapkan penumpang dan bagasi yang akan melakukan penerbangan amatlah penting.

Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi delay atau keterlambatan penerbangan atau kesalahan – kesalahan lain yang mengakibatkan kerugian bagi penumpang maupun perusahaan penerbangan itu sendiri.

 

Peran petugas Staff Penerbangan didalam mempersiapkan penerbangan, diantaranya mencakup hal – hal berikut :

 

Prosedur keberangkatan serta kedatangan penumpang
Prosedur keberangkatan dan kedatangan bagasi penumpang
Memeriksa Identitas Penumpang yang berupa KTP/ Paspor/ Visa, Tiket, Airport Tax, atau dokumen penumpang lainnya

 

Setelah penumpang memiliki tiket, sebelum proses boarding dilakukan, penumpang wajib melapor kepada petugas Check –in Counter ,adapun untuk tugas dari Staff Penerbangan bagian Check in Counter adaah sebagai berikut :

Gambaran Proses Kerja Staff Airlines atau Awak Darat Perusahaan Penerbangan

Gambaran Proses Kerja Staff Airlines atau Awak Darat Perusahaan Penerbangan

 

Boarding Pass
Baggage claim tag
Lab tag lainnya seperti : security tag, priority tag, fragile tag, group tag, name tag, checked baggage tag.
Excess baggage ticket atau pembayaran kelebihan bagasi yang dibawa oleh penumpang.
Seat location atau nomor tempat duduk.

 

Selain di area keberangkatan, Staff Penerbangan ada pula yang ditempatkan untuk melayani penumpang di area kedatangan.

Staff Penerbangan yang bertugas di bagian kedatangan pesawat atau penumpang harus mengetahui waktu – waktu kedatangan pesawat (ETA = Estimated Time Arrival), sehingga para staff penerbangan tersebut bisa mempersiapkan diri.

Para Staff Penerbangan yang bertugas di area kedatangan juga harus mengetahui apakah ada penumpang yang transit, yang ditansfer, dan penumpang yang turun di tujuan akhir penerbangan.

Penumpang yang akan transit akan diberi transit card.

Sedangkan penumpang yang ditransfer atau pindah pesawat akan segera dibantu oleh para staff penerbangan bagian Transfer Desk perihal nomor tempat duduk dan bagasinya seperti pada saat ketika check –in di bandara awal.

Dan bagi para penumpang yang telah sampai ditujuan akhir, mereka akan dibimbing oleh Staff Penerbangan dan diarahkan ketempat pengambilan bagasi, atau bagi penumpang yang berasal dari negara lain akan dibimbing dan diarahkan ke bagian imigrasi untuk pemeriksaan passpor dan visa, baru selanjutnya diarahkan untuk mengambil bagasi di tempat pengambilan bagasi.

 

Apabila ada terjadi kerusakan atau kehilangan bagasi, penumpang yang bersangkutan akan dipersilahkan untuk melaporkan kejadian tersebut pada Staff Penerbangan yang bertugas di bagian Lost and Found.

 

Seperti itulah Gambaran Proses Kerja Staff Airlines atau Awak Darat Perusahaan Penerbangan.

Seperti kita lihat diatas , dapat kita simpulkan bahwa proses ketika di darat atau sebelum keberangkatan maupun setelah keberangkatan juga memerlukan peran staff penerbangan demi kelancaran setiap prosesnya.

Sehingga dapat dikiatakan bahwa peran Staff Penerbangan atau awak darat juga penting , bahkan sama pentingnya dengan peran Pramugari yang melayani penumpang ketika penerbangan atau ketika mengudara.

 

Apakah Anda tertarik berprofesi seperti mereka ? Yuk ikuti pendidikan dan pelatihan menjadi Staff Penerbangan di Sekolah Penerbangan Terbaik Indonesia PSPP Penerbangan.

Tempat Pendidikan dan Pelatihan ini menyelenggarakan pendidikan dalam 3 periode setiap tahunnya yaitu Periode Februari , Juni dan Oktober.

Bagi Anda yang ingin bergabung dan ingin mendaftarkan diri melalui online dapat meminta dipandu ke panitia penerimaan peserta didik baru kak Diyan 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F.

Untuk cara pendaftaran online telah kami tuliskan pada artikel sebelumnya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat J

 

Jika anda merasa bahwa artikel ini layak untuk dibaca untuk orang lain, silakan bagikan melalui tautan sharing diatas. Terima kasih


Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari PSPP Penerbangan
Hubungi Panitia Pendaftaran Siswa Baru
Kak Diyan : 0822-2500-7272 / BBM:26D5777F

Baca Juga :

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!